Bingkai

Petualangan Slideshow: Helga’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to 7 cities Surabaya, Malang, Madurai, Mataram, Semarang, Banyuwangi and Banten was created by TripAdvisor. See another India slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Wednesday, January 26, 2005

Kerrong

Semua orang pasti merasakan keinginan untuk bertemu dan berhubungan dengan orang yang dicintai atau orang yang selalu berada di dekatnya. Memang kata "Kerrong" menjadi kata yang sering dikatakan di Pulau Madura jika seseorang telah sekian lama tak bertemu dengan orang yang pernah dikenalnya. Tak sebatas kepada orang yang dicintai, kata "Kerrong" sering diungkapkan kepada kenalan atau orang yang pernah kita kenal namun telah lama tidak berjumpa.

"Sengko' kerrong abid ta' atemmo bi' ba'na" artinya saya kangen padamu karena udah lama tak bertemu. Anak-anak muda di Pulau madura sering menggunakan istilah ini kepada pacar atau orang terdekatnya. Orang tua juga sering mengungkapkan kata-kata itu kepada anak-anaknya yang tinggal jauh di kota lain. "Kerrong" akan terwujud jika orang yang mengatakannya dapat bertemu fisik dengan orang yang dirindukannya.

Namun hati-hati juga menggunakan kata "kerrong". Jika kata itu dikatakan kepada orang yang baru kita kenal maka akan berarti lain. Orang yang mendengarnya merasa risih karena kata itu bisa berarti lain - orang yang mendengar kata itu akan mengira kita sedang jatuh perhartian kepada dia -

Maka hati-hatilah dengan kata "Kerrong" sebuah bahasa madura yang memiliki makna Kangen.

No comments: